Strategi marketing merupakan faktor krusial bagi para pelaku usaha agar tetap eksis dan berkembang. Terlebih di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif.
Mengingat saat ini eranya digitalisasi, maka strategi marketing yang pas tentunya juga harus berbasis digital. Dalam hal ini, media sosial menjadi salah satu pilihan yang tepat dan efektif untuk wadah pemasaran.
Karena itu dibutuhkan keahlian dalam membuat konten agar produk terlihat menarik hingga akhirnya dilirik oleh warganet. Sayangnya, hal ini bukan sesuatu yang mudah dan perlu untuk dipelajari.
Dengan mempelajari hal-hal yang berguna dalam membuat konten, tentunya akan semakin mendukung penjualan produk sehingga bisnis yang ditekuni dapat berkembang.
Berikut adalah tips bagaimana membuat konten yang menarik agar produk yang dijual dilirik dan semakin laris.
1. Ketahui Siapa Target Market Anda
Untuk membuka konten yang menarik, Anda perlu mengetahui siapa pelanggan Anda dan hal-hal apa yang mereka sukai. Anda bisa mempelajari minat mereka berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan daya beli. Semakin erat konten yang Anda buat dengan target audiens Anda, maka akan semakin kuat pula pesan yang tersampaikan.
2. Pilih Platform Media sosial yang Tepat
Langkah selanjutnya adalah memilih platform media sosial yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Hal ini sangat penting untuk memudahkan Anda menjangkau lebih banyak audiens dan meninggalkan tautan. Beberapa saluran yang bisa Anda coba, di antaranya adalah media sosial, forum atau komunitas online, email pribadi dan blog.
3. Video dan Gambar Harus Menarik
Yang tak kalah penting yaitu pembuatan konten dengan menggunakan visual dan audio yang menarik bagi audiens Pastikan setiap konten jualan yang Anda buat, selalu dipubilkasikan secara konsisten, disertai headline yang menarik, dan dilengkapi dengan visual yang mudah dicerna oleh pelanggan. Dan tentu saja, gunakan gambar dan video berkualitas tinggi.
4. Ketahui Siapa Pesaing Anda
Tak ada salahnya mengamati pesaing produk Anda karena tentunya banyak penjual yang sudah terlebih dulu eksis. Dengan mengamati akan membuat Anda lebih terpacu untuk berinovasi dan menciptakan sesuatu yang berbeda dari pesaing yang menjual produk sama.
5. Ramah Terhadap Pelanggan
Penting bagi penjual untuk terlibat dengan pelanggan dan follower. Gunakan waktu untuk menyapa mereka dengan ramah dan berikan pelayanan optimal agar pelanggan merasa puas, tak hanya dengan produk, tapi juga dengan pelayanan.