Selasa, Januari 14, 2025
BerandaBekasi Hari IniMinim Pungli, Ombudsman RI Apresiasi Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI...

Minim Pungli, Ombudsman RI Apresiasi Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi

Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya Dedy Irsan mengapresiasi pelayanan publik oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi.

Hal ini disampaikan Dedy saat menjadi narasumber dalam acara Penguatan Internalisasi Pelayanan Publik di ruang serbaguna Kantor Imigrasi Bekasi.

Dedy menilai pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi semakin maju dengan kehadiran beragam inovasi pelayanan publik.

[bacajuga judul="Baca Juga:" berdasarkan="tag" mulaipos="3"]

“Mengapresiasi pelayanan publik dan inovasi-inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh kantor imigrasi kelas 1 non TPI Bekasi,” katanya, Selasa (20/8/2024).

Pihaknya lantas mendukung Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi untuk memperoleh predikat zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Narasumber lainnya, Irjen Pol Andry Wibowo selaku Sekretaris Satgas Saber Pungli RI, menyampaikan berdasarkan laporan masyarakat layanan keimigrasian termasuk yang paling rendah terlibat pungli.

[bacajuga judul="Baca Juga:" berdasarkan="tag" mulaipos="6"]

“Kita ada dua basis ya, basis online report dan basis pelayanan publik yang langsung datang ke posko-posko pengaduan. Nah, dari dua statistik ini imigrasi termasuk salah satu kantor yang memliki catatan pengaduan yang relatif sangat kecil, kalau kita lihat dari sejumlah varian layanan imigrasi di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam ini berujar kepuasan pada pelayanan publik yang baik merupakan bentuk konsitensi perbaikan sistem yang terus dilakukan di berbagai sektor pelayanan publik, termasuk pada layanan keimigrasian.

“Tadi secara random dan spontan kita lakukan interview terhadap customer imigrasi dan dari mereka umumnya menyatakan puas terhadap pelayanan,” ucap Andry.

“Artinya, perbaikan yang dilakukan secara kontinyu, tersistem, terstruktur, terevaluasi secara baik menghasilkan pelayanan publik dalam sektor imigrasi yang juga lebih baik dari masa lalu,” paparnya.

Andry berharap para petugas imigrasi dapat terus konsisten dalam memberikan pelayanan publik yang sudah sangat baik tersebut, sehingga terus mendapatkan kepuasan publik.

“Yang perlu adalah sekarang sustainability atau keberlanjutan, konsistensi dari seluruh petugas imigrasi yang ada petugas Imigrasi Bekasi Kota ini untuk melaksanakan seluruh perannya yang baik dan berusaha maksimal untuk tidak membebankan rakyat pada biaya-biaya yang tidak diatur oleh undang-undang,” pungkasnya.

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Linimasa

Kantor Imigrasi Bekasi Raih Penghargaan Pelopor Pelayanan Melalui Immigration Lounge

Kantor Imigrasi Bekasi menjadi pelopor pelayanan keimigrasian pertama di Jawa Barat yang menyentuh langsung ke masyarakat, dengan menghadirkan Immigration Lounge di Grand Metropolitan Mall...

Kediaman Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Bekasi Digeledah KPK

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kediaman Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di Taman Villa Kartini, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa...

Jasad Bocah Laki-Laki Ditemukan Terbungkus Sarung di Bekasi

Jasad bocah laki-laki yang diperkirakan berusia lima tahun, ditemukan terbungkus sarung di ruko kawasan Jatibaru, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin, 6 Januari...

Kas Daerah Kota Bekasi Tahun 2024 Meningkat, Capai 2,75 Triliun

Pendapatan kas daerah Kota Bekasi di penghujung tahun 2024 mencapai Rp 2,75 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. "Iya, uang yang masuk ke kas...

Kepergok Curi Motor, Pasangan Kekasih jadi Bulan-Bulanan Warga

Pasangan kekasih, J (34) dan S (26), terciduk warga sedang mencuri sepeda motor di Perumahan Metland Cibitung, Desa Wanajaya, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa...

Tito Karnavian: Daya Beli Masyarakat Relatif Stabil Meski Ada Kenaikan Komoditas

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan terdapat beberapa kenaikan harga bahan pangan selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Hal ini disampaikan saat ia...

Kabupaten Bekasi Raih Skor SPBE 4,08

Kabupaten Bekasi meraih skor 4,08 dalam evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Prestasi tingkat...

Videotron di Bekasi Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Sebuah videotron di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, terbakar, pada Jumat, 3 Januari 2025 malam. Pemicu kebakaran diduga akibat korsleting...

Hari Amal Bhakti ke-79, Warga Bekasi Diminta Saling Rukun untuk Indonesia Maju

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti ke-79 Tingkat Kota Bekasi, di Lapangan MAN 1 Kota Bekasi, Jumat (3/1/2025). Pj Wali...

Calon PPPK Keluhkan Biaya MCU di RSUD Kabupaten Bekasi

Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Bekasi mengeluhkan biaya Medical Check-Up (MCU), yang merupakan salah satu syarat uji kesehatan. Pasalnya, biaya MCU di...

Berita Terpopuler